Bireuen. Bupati Bireuen H Ruslan M Daud meresmikan Dayah Entrepreneur ASD Foundation di Desa Beunyot, Kecamatan Juli, Selasa (17/3). Dayah itu didirikan mantan juru runding Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Nashruddin Ahmed.

Bupati mengatakan, lahirnya sebuah lembaga dayah entrepreneur ASD Foundation itu menjawab tantangan tentang kekhawatiran masyarakat selama ini. “Masyarakat Aceh khawatir minimnya pendidikan umum di lembaga pendidikan agama, begitu pula sebaliknya,” ucap Ruslan.

Kehadiran dayah tersebut diharap meningkatkan perhatian untuk memelihara kehidupan agama. Dayah yang diresmikan itu akan merunut sistem dayah Aceh. Ulama dayah harus terus berperan untuk meningkatkan penegakan aturan syariat Islam.

Bupati mengatakan, Pemkab Bireuen sangat mendukung hadirnya dayah itu. Bahkan diharap Dayah entrepreneur itu menjadi salah satu tempat wisatawan berkunjung nantinya.

Pemkab Bireuen siap memfasilitasi kebutuhan dayah tersebut, ujar Ruslan. Nashruddin Ahmed, pengurus ASD yang merupakan eks juru runding GAM mengatakan, saat ini lulusan berbagai tingkat pendidikan makin banyak sementara pengangguran makin meningkat.

“Bayangkan, saat kami menyeleksi karyawan di lembaga, banyak pelamar dari Bireuen dan luar daerah tetapi kemudian yang lulus orang luar daerah,” ungkapnya.

“Kita berharap di sini nanti lahir calon pemimpin yang berkualitas dan pengusaha mandiri. Artinya, apa yang kami sampaikan dapat terlaksana, tentunya dengan dukungan semua pihak untuk kemajuan dayah ini,” ucap Nashruddin. (medanbisnisdaily.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *